RIZKI NGETEST DULU

...

Rizki Dwiki Pamungkas jam 14:06 tgl 7/12/23 lagi ngedit isi berita di tab publikasi wkwkwk

Bantul (19/11/2022) Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, Dinas PUPESDM DIY mengadakan kampanye Gerakan Irigasi Bersih 2022 dengan tema “Resik Banyune, Apik Salurane, Numrapi Sakabehe” di beberapa tempat yaitu :
1. Tanggal 20 Oktober 2022 di Kal. Palbapang, Kap. Bantul, Kab. Bantul
2. Tanggal 27 Oktober 2022 di Kal. Sendangtirto, Kap. Berbah, Kab. Sleman
3. Tanggal 10 November 2022 di Kal. Bumirejo, Kap. Lendah, Kab. Kulon Progo
4. Tanggal 17 November 2022 di Kal. Trihanggo, Kap. Gamping, Kab. Sleman

Sosialisasi ini menggandeng narasumber dari Komisi C DPRD DIY dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM dengan melibatkan berbagai instansi pemerintah dan unsur masyarakat, yaitu OPD Pemda DIY, Bidang OP BBWS Serayu Opak, Panewu, Lurah, Polsek, Danramil, Komisi Irigasi, Dewan SDA, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A), P3A, Koordinator/Pangulu Banyu, Koordinator Lapangan & Mantri Banyu serta Tenaga Ahli Komisi Irigasi.

 

Dinas PUPESDM DIY juga mengadakan Gotong Royong membersihkan saluran disepanjang saluran irigasi kewenangan provinsi pada tanggal 19 November 2022. Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Anna Rina Herbranti, S.T.,M.T bersama seluruh jajaran mengunjungi dan ikut bergotong royong membersihkan saluran irigasi di Daerah Irigasi (D.I) Pijenan, tepatnya di Gejlik Pitu, Kal. Caturharjo, Kap. Pandak, Kab. Bantul serta penanaman pohon di halaman Kantor Kejuron Kebonongan Bidang SDAD Dinas PUPESDM DIY.

Setelah bergotong royong membersihkan saluran irigasi, diselenggarakan sarasehan antara Dinas PUPESDM DIY bersama unsur masyarakat. Dengan adanya GIB, masyarakat pengguna air irigasi merasa puas dan berterima kasih kepada Dinas PUPESDM DIY, karena petani merasa diperhatikan karena air sudah sampai hilir. Saluran irigasi menjadi bersih, bangunan irigasi juga terjaga. GIB perlu dilestarikan serta selalu dijaga agar selalu dapat dilaksanakan, diharapkan kegiatan gerakan ini diadakan setiap tahunnya.

 

Kepala Dinas PUPESDM DIY beserta jajaran, selanjutnya mengunjungi program padat karya pemberdayaan masyarakat pembangunan saluran tersier D.I. Pijenan di daerah Dusun Kenteng, Kal. Gadingsari, Kap. Sanden, Kab. Bantul.

Diharapkan dengan adanya kampanye di beberapa Kalurahan ini, dapat diteruskan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing, sehingga kesadaran kebersihan irigasi yang merupakan faktor penting keberhasilan pertanian dapat dipahami dan dipraktikkan oleh masyarakat luas, tidak hanya sampai dikalangan petani saja.

TENTANG

sda.dpupesdm.jogjaprov.go.id adalah website resmi dari Dinas PUPESDM Daerah Istimewa Yogyakarta di Bidang Sumber Daya Air dan Drainase. Segala informasi mengenai bidang SDAD bisa Anda temukan disini.Silakan kirim Saran & Masukan melalui menu kami yang telah tersedia, apabila ada permasalahan-permasalahan yang ingin ditanyakan.

LAYANAN

Jl.Bumijo No.5, Yogyakarta
+62 274 589091 / +62 274 589074
+62 274 550320 / +62 852 003 0000
sdadrainasediy@gmail.com

INFORMASI LAIN