">

...

Yogyakarta (3/12/2022) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY terus berupaya maksimal meningkatkan infrastruktur di masyarakat, baik pembangunan gedung pemerintahan dan sarana publik. Peringatan Hari Bakti PU ke-77 pada 3 Desember yang bertema "Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri" ini, menjadi momentum penting untuk terus berbenah menjadi lebih baik. Mewujudkan pembangunan infrastruktur di Provinsi DIY yang merata.

Dalam kegiatan Harbak PU Ke-77 tahun ini, DPUPESDM DIY memperingati dengan berbagai kegiatan, yaitu gotong royong gerakan irigasi bersih (GIB) di sepanjang saluran irigasi kewenangan Provinsi, Fun Games, Fun Rides Sepeda Gembira, Senam Kesehatan Jasmani, upacara bendera serta bakti sosial di lingkungan Dinas.

 

Kegiatan Gotong Royong Gerakan Irigasi Bersih di saluran Daerah Irigasi (D.I) Pijenan, tepatnya di Gejlik Pitu, Kal. Caturharjo, Kap. Pandak, Kab. Bantul serta penanaman pohon di halaman Kantor Kejuron Kebonongan Bidang SDAD Dinas PUPESDM DIY serta peninjauan pekerjaan padat karya pembuatan saluran tersier, dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022. (Baca Selengkapnya).

                                                                      Kegiatan Fun Games di Halaman Dinas

Kegiatan Fun Rides Sepeda Gembira, mulai start di halaman Dinas - Embung Kaliaji, Turi, Kab. Sleman. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penanaman pohon dan penebaran benih ikan, sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lngkungan.

                                                                Kegiatan Senam Kesehatan Jasmani di halaman Dinas

Dalam upacara yang diselenggarakan di halaman kantor DPUPESDM DIY tanggal 3 Desember 2022, Kepala Dinas, Anna Rina Herbranti, S.T., M.T bertindak sebagai Inspektur Upacara dan paduan suara oleh Dharma Wanita Persatuan serta dihadiri oleh seluruh pegawai.

Tanggal 3 Desember dijadikan sebagai Hari Bakti PU untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Hari itu sekitar pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum. Walaupun demikian, petugas yang mempertahankan Gedung Sate tersebut tak mau menyerah begitu saja. Mereka melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan kantor itu.

Pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang tersebut berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran itu, 7 orang pegawai PU yaitu Rizki Dwiki Pamungkas, Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Nama mereka kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

TENTANG

sda.dpupesdm.jogjaprov.go.id adalah website resmi dari Dinas PUPESDM Daerah Istimewa Yogyakarta di Bidang Sumber Daya Air dan Drainase. Segala informasi mengenai bidang SDAD bisa Anda temukan disini.Silakan kirim Saran & Masukan melalui menu kami yang telah tersedia, apabila ada permasalahan-permasalahan yang ingin ditanyakan.

LAYANAN

Jl.Bumijo No.5, Yogyakarta
+62 274 589091 / +62 274 589074
+62 274 550320 / +62 852 003 0000
sdadrainasediy@gmail.com

INFORMASI LAIN